Persiapan Akreditasi Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri SMA Islam As-Sofa
Pekanbaru, 10 September 2024 - Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri di SMA Islam As-Sofa tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi proses akreditasi yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. Akreditasi perpustakaan merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah.
Kepala Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri, Busyro Diniyari,S.Ip, menyampaikan bahwa persiapan akreditasi sudah dimulai sejak beberapa bulan terakhir. “Kami telah melakukan berbagai perbaikan, mulai dari penataan ulang koleksi buku, digitalisasi sistem katalog, hingga peningkatan kualitas pelayanan kepada siswa,” ujarnya. Selain itu, pihak perpustakaan juga telah memperkuat program literasi digital yang sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar, untuk mendorong siswa lebih aktif memanfaatkan sumber daya perpustakaan dalam proses pembelajaran.
Tim akreditasi yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Ibu Yuni Silviani,M.Si, juga berkolaborasi dengan guru-guru serta siswa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. "Kami sangat berkomitmen untuk memastikan bahwa perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat sumber belajar yang modern, inklusif, dan memenuhi standar nasional," tutur Busyro.
Salah satu program unggulan yang sedang disiapkan adalah pengembangan koleksi buku digital dan e-learning. Program ini diharapkan dapat memperkaya sumber bacaan dan memudahkan akses informasi bagi siswa, baik di dalam maupun di luar jam pelajaran. Selain itu, perpustakaan juga tengah memperbarui sarana pendukung seperti komputer, jaringan internet, dan ruang baca yang lebih nyaman.
Melalui akreditasi ini, SMA Islam As-Sofa berharap Perpustakaan Sutardji Calzoum Bachri dapat mendapatkan predikat terbaik dan menjadi perpustakaan model di tingkat sekolah menengah atas di Kota Pekanbaru.
Pihak sekolah juga mengajak seluruh warga sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua, untuk bersama-sama mendukung proses ini demi tercapainya layanan perpustakaan yang unggul, serta meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah.